Halaman

Sabtu, 05 November 2011

tsunami

TSUNAMI yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 silam menggegerkan tidak hanya masyarakat negeri ini, tapi juga masyarakat dunia. Kejadian yang tak diduga itu mencuatkan kepiluan dan kepedihan. Bangunan-bangunan rubuh seketika, banyak manusia menjemput takdir kematiannya. Pada 26 Desember 2004 itu, Aceh diamuk gelombang yang meluluhlantakkan.
Dalam catatan, tsunami yang melanda Aceh saat itu bermula dari gempa dahsyat yang terjadi di Samudera Hindia. Pusat gempa terletak kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh pada kedalaman 10 km. Dengan berkekuatan 9,3 skala Richter (SR), gempa itu juga menggoyang wilayah Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Srilanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika. Gempa dan tsunami yang terjadi saat itu diperkirakan mematikan sekitar 230.000 orang di 8 negara (Yunisa Priyono dan Fajar Shodiq Kurniawan, 2010). Fakta-fakta terkait gempa dan tsunami yang melanda Aceh tentu bisa ditelusuri lebih lanjut.
Yang menarik, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa tsunami di Aceh pada tahun 2004 itu bukan kali pertama. Diberitakan Media Indonesia, Eko Yulianto selaku peneliti Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkapkan terjadinya tsunami di Aceh sekitar ratusan tahun silam. “Dari riset yang saya lakukan di Meulaboh, berdasarkan endapan paleotsunami, dapat dilihat bahwa pernah terjadi giant tsunami di Aceh sekitar 600 tahun silam. Data yang berhasil diungkap itu menepis anggapan bahwa di Aceh tidak pernah terjadi gempa besar dengan skala di atas 9,0 pada skala Richter (SR),” kata Eko Yulianto. (Media Indonesia, 26 Juli 2011, halaman 16).
Penelitian Eko Yulianto itu dimungkinkan masih debatable. Jika benar 600 tahun silam pernah terjadi tsunami di Aceh, maka dipastikan akan menjadi catatan anyar sejarah bencana di dunia. Kerumitan bisa saja mengemuka untuk memastikan pernah terjadi tsunami di Aceh pada tahun 1400-an itu. Dalam hal ini, kita serahkan kepada ahlinya.   

 sumber''http://sejarah.kompasiana.com/2011/07/27/aceh-tsunami-600-tahun-silam/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar